19 Januari 2010

Pepohonan di Perapatan Palayu di Pangkas Habis

BeTe, H. Achmad Sobana SH_Kamis pagi sekitar pukul delapan, ketika semua orang tengah menyibukkan diri mengawali aktivitas tiba-tiba datang sebuah truk membawa segerombolan orang berseragam lapangan dinas. Dengan serta merta, setelah truk tersebut terparkir mereka langsung membuat perhitungan, perkiraan dan menutup jalan. Warga sekitarpun langsung memahami bahwa mereka adalah para petugas pertamanan Dinas Cipta Karya yang akan melakukan sesuatu terhadap pohon di sekitar perapatan. Ternyata bukan hanya sekedar penebangan pohon tapi juga soal perawatan pohon yang ada di sekitar jalan wilayah Kelurahan Tegal Gundil.
Nah oleh karna itu sub dinas Pertamanan melakukan salah satu programnya. Menurut Edie (55 th) Korlap dinas pertamanan, “kalau untuk pemangkasan yang ini memang ada pengajuan dari warga di situ karna pohon-pohon ini sudah sangat besar sekali dan menghawatirkan para pengendara”. Pemangkasan ini merupakan program dinas yang langsung dibawah pertanggung jawaban & arahan dari Kasubdin Pertamanan. Kalau untuk pemangkasan sih baru disini doang dan pemangkasanpun di mulai dari pukul 08.00 sampai selesai ujar Edi menambahkan. Pemangkasan ini pun tidak dilaksanakan secara sembarangan, karna itu Kasubdin perlu bukti yang cukup. Maka dari itu sebelum pohon di pangkas, dinaspun melakukan kontrol langsung keadaan terebut meminta persetujuan dari pihak LK dan Kelurahan.
Kawasan Tegal gundil sendiri banyak pohon yang telah sangat besar. Nah jika ada pohon yang sudah rapuh atau mati, warga bisa mengajukan kepada Dinas terkait atau ke kelurahan agar dilakukannya penebangan. Untuk kegiatan tersebut tidak di kenakan biaya, sedangkan penebangan yang diajukan untuk tempat usaha dikenakan biaya hanya sebagai pengganti pohon tersebut.
Sedangkan biaya lainnya di tetapkannya tergantung dari basar kecilnya pohon, contohnya jika pohon berdiameter 50 cm terkena biaya sekitar 2 jt, terkecuali jika pohonnya sudah mati maka tidak dikenakan biaya sama sekali karna sudah program dinas. Kalau soal kebersihan jangan dikhawa tirkan karna dari setiap pemangkasan/pene bangan akan di bersihkan kembali dengan catatan tidak ada sampah yang beserakan seperti bawaan dari warga. (Vmn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar