1 Desember 2009

SEKOLAH KALAM


Bete_Tegal Gundil, Disebutnya: pengetahuan yang teruji. Betapa tidak, hampir setiap tahun kader-kader Kalam (Komunitas Peduli Kampung Halaman) terpilih sebagai Pemuda Pelopor tingkat kota Bogor & maju mewakili Kota dalam pemilihan pemuda pelopor tingkat provinsi Jawa Barat.
Kalam pun memiliki klien setia untuk beragam produk & jasanya yang dijual melalui lembaga-lembaga inisiasinya antara lain yaitu: Kemaren Sore untuk jasa desain grafis, Unite untuk event and outbond organizer dan SALAM untuk jasa pendampingan masyarakat.
Organisasi berbasis minat pun menjadi bagiannya: Kampoeng Bogor sebagai lembaga terdepan yang mengurus warisan budaya Kota Bogor, Room sebagai wadah para penggiat musik independent untuk unjuk gigi.
Pengetahuan yang teruji & terstruktur. Pengetahuan tersebut lantas di kemas dalam mata-mata pelajaran yang diuraikan kembali dalam materi-materi ajar dengan tahapan penyampaian yang runtun.
Melalui strukturisasi pengetahuan ini maka lulusan terstandarisasi. Kesemuanya mewujud dalam Sekolah KALAM, sebuah sekolah informal. Disebut informal karena siswa yang diterima tidak dipersyaratkan berasal dari jenjang tertentu (tidak harus lulusan SMP atau SMA) melainkan hanya batasan umur (antara 18-25 tahun).
Disebut informal juga terutama karena sekolah ini merupakan wujud dari pendidikan oleh lingkungan. Sekolah KALAM mengkoleksi keahlian-keahlian yang teruji di orang-orang lokal, menstrukturkannya dan menghadirkannya di ruang kelas.
Tujuan Pembelajaran Umum:
Jurusan Pengorganisasian Pemuda, Mencetak lulusan yang memiliki modal dasar sebagai seorang agen perubahan, tanggap dan kritis terhadap kondisi lingkungannya (khususnya masalah kepemudaan), mampu mengorganisir pemuda di wilayah dan atau lingkungannya menuju perubahan ke arah yang lebih baik.
Jurusan Film dan Fotografi, Mencetak lulusan yang memiliki sensitifitas terhadap isu-isu sosial dan membawanya media film dan foto.
Jurusan Desain Grafis, Mencetak lulusan dan mampu membuat karya cetak digital.
Jurusan Teknik Komputer dan Sistem Jaringan, Mencetak lulusan yang mampu mengoperasikan komputer dan aplikasi-aplikasi utama serta mampu membangun sistem jaringan dasar dan produk multimedia dasar.
Jurusan Jurnalistik, Mencetak lulusan yang mampu menghasilkan produk-produk jurnalistik sebagai media perubahan sosial berikut mengelola infrastruktur bidang jurnalistik pada media-media audio, video, teks, foto, dan internet.
Untuk setiap jurusan, jenjang pendidikannya terdiri atas tiga tingkatan kelas meliputi kelas 1 (pemula), kelas 2 (madya), & kelas 3 (ahli). Kelas 1 dapat diselesaikan dalam waktu lima bulan.
Namun saat ini, Sekolah KALAM baru akan membuka kelas pada bulan Januari mendatang dan saat ini masih melakukan simulasi pengajaran. Karena itu Sekolah Kalam mengundang warga Tegal, Gundil, khususnya pemuda/i untuk ikut berpartisipasi dalam simulasi ajar ini.
Simulasi ajar ini sendiri berlangsung sejak minggu ketiga bulan November hingga minggu keempat bulan Desember 2009 yang diadakan di Saung Kalam dengan durasi pengajaran ± 45 menit-1,5 jam.
Keterangan lebih lanjut, dapat menghubungi sekretariat Kalam atau Tata Usaha Sekolah Kalam. (Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar