25 November 2009

Kelurahan Tegal Gundil Optimalkan Pelayanan


BeTe_Kelurahan TG, Setiap lembaga atau instansi apapun pasti mempunyai visi, misi, tugas, fungsi,stuktur organisasi dan lain-lain, begitu juga Kelurahan Tegal Gundil yang masuk di wilayah Kecamatan Bogor Utara. Kelurahan Tegal Gundil mempunyai visi menjadikan kelurahan pemukiman yang asri berbasis pengembangan SDM, home industry serta perdagangan. Dengan misi mewujudkan kelurahan yang sehat, meningkatkan pendapatan perkapita, menurunkan angka pengangguran, dan meningkatkan Wajar Dikdas 9 tahun.
Selain visi & misi, Kelurahan juga mempunyai tugas pokok menyelenggarakan urusan pemerintah. Yaitu di bidang pembangunan dan kemasyarakatan, serta melaksanakan urusan pemerintahan yang di limpahkan oleh Bupati/Walikota. Instansi ini berfungsi sebagai pelaksana kegiatan pemerintah kelurahan, Pemberdayaan masyarakat. Penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum, Pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum, serta melakukan pembinaan pada lembaga kemasyarakatan.
Kelurahan Tegal Gundil mempunyai struktur organisasi kelurahan yang terdiri dari lurah dan perangkat kelurahan, Sekretaris Kelurahan dan seksi-seksinya. Terdapat 4 (empat) seksi dan jabatan fungsional. Seksi ini diisi dari pegawai negri sipil yang di angkat oleh sekretaris daerah Kabupaten/Kota atas usul Camat, dan Ketentuan mengenai stuktur organisasi dan tata kerja kelurahan, sebagaimana peraturan daerah kabupaten/kota.
Untuk membuat Tegal Gundil menjadi lebih baik maka kelurahan
membuat program-program. Diantaranya program jangka panjang. Pertama, meningkatkan kesehatan masyarakat. Hal ini diterapkan karena di Tegal Gundil sendiri banyak yang belum menerapkan pola hidup sehat, Kelurahan ingin warganya sehat dan mengurangi angka orang-orang yang sakit. Program yang kedua yaitu menuntaskan kemiskinan, menurut data yang ada, warga miskin di Tegal Gundil kurang lebih 800 kepala keluarga. Dengan data ini kelurahan berusaha untuk menguranginya 3 % pertahun.
Adapun program jangka pendek, menyampaikan bantuan dari manapun juga untuk sampai kepada tangan yang tepat. Banyak peran yang telah dilakukan Kelurahan salah satunya di bidang pendidikan, karena di Tegal Gundil sendiri masih ada yang buta aksara dan anak-anak putus sekolah. Utuk itu kelurahan bekerjasama dengan Pemerintah membuat sarana pendidikan PKBM Al – Zauhar. Sarana ini bertujuan untuk mencerdaskan warga yang berlokasi di RW 15. Kelurahan pun tak luput merencanakan progam kebersihan, maka di buatlah progam jumsih (jum'at bersih). Progam ini bukan hanya untuk mengejar Adipura saja, tapi untuk menciptakan kawasan Tegal Gundil bersih dan nyaman. Pada bidang kesehatan, kelurahan ikut ambil peran salah satunya menghimbau masyarakat untuk berpola hidup sehat, membuat kawasan tanpa rokok. Kawasan tanpa rokok (KTR) ini sudah diterapkan di kelurahan dan di RW 08 RT 04.
Selain itu kelurahan juga memiliki prestasi. Prestasi yang sudah didapat yaitu, berhasil menjadi juara umum keluarga berencana (KB) dan kesehatan antar kecamatan di 8 kelurahan.
Banyak pula program yang sedang dilaksanakan diantaranya pajak bumi dan bangunan (PBB), yaitu bekerjasama dengan kantor pajak Pratama Bogar untuk mendata ulang wajib pajak yang bertujuan untuk mendongkrak pendapatan daerah.
Dan tentang pelayanan, Kelurahan akan mempermudah untuk pembuatan kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK). Kemudian bagi warga yang sakit dan kurang mampu, Kelurahan membantu meringankan beban biaya bagi yang tidak punya kartu sehat. Waktu pelayan dari hari senin s/d jum'at mulai jam 07.45 – 15.30.
Peraturan ini merupakan peraturan pemerintah, tapi Kelurahan mempunyai inisiatif untuk memberikan pelayan lebih untuk warganya maka hari sabtu pun buka sampai jam 12.00, dan juga malam hari hingga pukul 20.00 setiap malam ujar pak Lurah saat ditemui BeTe. (Yo/Nd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar