15 Maret 2010

Sanggar Bermain & Belajar Anak

Tegal Gundil merupakan salah satu kelurahan yang terdapat di wilayah Bogor Utara. Masyarakat yang berada di dalamnya merupakan campuran dari masyarakat pendatang dan pribumi. Terdapat perbedaan yang hadir di tengah-tengahnya, walaupun memang tidak selalu perbedaan ini menimbulkan masalah yang sangat besar.
Tegal Gundil memiliki suatu perpustakaan komunitas yang kini di sebut Kedai Baca Sanggar Baroedak. Selain itu terdapat juga sebuah sarana belajar dan bermain alternatif bagi anak-anak yang berada pada sebuah wadah kegiatan bernama Sanggar Baroedak (SABAR).
Munculnya perpustakaan dan sanggar ini dilatarbelakangi karena kesempatan untuk mendapatkan pendidikan dan informasi, yang tidak selalu dapat diterima secara merata di Tegal Gundil. Ini terjadi secara umum tidak terkecuali bagi anak-anak yang ada disetiap wilayah-wilayah RW di wilayah Kelurahan Tegal Gundil. Sehingga sarana-sarana dan kegiatan-kegiatan alternatif yang bisa menjadi ruang belajar dan berkreasi bagi anak-anak perlu dihadirkan.
Selain itu juga SABAR menyediakan ruang bermain sambil belajar bagi anak, sarana bagi anak untuk berkreatifitas dan mengekspresikan diri, serta menumbuhkan rasa kepercayaan diri pada anak dan sebagai tempat bersosialisai dengan anak-anak yang lain. Dengan cara melakukan beberapa kegiatan, mulai dari jadwal harian, kegiatan rutin mingguan sampai kegiatan tahunan, salah satu kegiatan yang di lakukan oleh Sanggar Baroedak yaitu belajar di home industri di perkebunan & peternakan warga.
Di sisi lain SABAR tidak hanya melakukan kegiatan itu saja melainkan juga belajar menari, melukis, menyanyi, dan mengaji. Yang semua itu dilakukan di Aula serba huna Sanggar Baroedak, yang terletak di Jalan Raya Ahmad Sobana Gang Kalam Rt 003/010. Para pengajarnya pun adalah mereka-mereka yang memang sudah terbukti memiliki kemampuan di bidangnya, para pengajar yang memang memiliki bakat untuk mengajar anak-anak.
Dilihat dari letaknya Tegal Gundil sangat strategis, sehingga mempunyai potensi alam lumayan bagus walaupun tidak begitu luas. Wilayah perbatasan Tegal Gundil hampir semuanya dibatasi oleh sungai. Sebagian wilayahnya masih ada yang asri dan sejuk, yang di mana tumbuhi oleh pepohonan yang cukup tinggi serta masih terdapat sisa-sisa hutan kecil dan pesawahan yang membentang, walaupun tidak cukup luas, tapi paling tidak masih bisa melihat terbitnya fajar sambil ditemani suara-suara jengkrik dan udara pagi yang sejuk.
Letaknya yang startegis ini sangat mempunyai potensi yang besar untuk “bisnis” dibidang pendidikan Tegal Gundil, sehingga semakin menjamurnya tempat-tempat pendidikan di wilayah ini. Mulai dari yang pendidikan Formal (SD, SMP/Tsanawiyah, SMU) hingga yang non Formal atau alternatif (TPA, Play Group, Kursus Privat, TK Alam) tersedia disini. Namun itu semua harus menggunakan biaya yang cukup besar (kecuali TPA).
Lalu untuk tempat-tempat alternatif yang sebenarnya dapat digunakan sebagai sarana bermain sekaligus pendidikan selain alam, tidak hanya itu di Tegal Gundilpun ada, seperti; home industri, kandang kambing, kandang ayam, kolam ikan dan lain-lain. Bila kita jeli melihat peluang-peluang tersebut bukan tidak mungkin itulah yang sebenarnya pendidikan, bukan dengan mengurung anak dalam ruangan yang membuat mereka cepat mengantuk dan bosan, bukan pula alam yang dibawa masuk kedalam sekolah akan tetapi sekolah yang dibawa masuk kedalam alam dengan menelusuri dan memahami apa yang terdapat di alam.
Karenanya Sanggar Baroedak merupakan salah satu program yang dijalankan oleh Divisi Pendidikan, dalam Komunitas KALAM. Mulai bulai April tahun 2002 SABAR memulai kiprahnya di area yang sangat lokal (kelurahan) disamping berkegiatan & belajar rutin seperti menggambar, bernyanyi, menari, belajar bahasa inggris, membuat kerajinan tangan atau pun praktek di lapangan, Sabar pun membuat paket liburan sekolah untuk anak-anak TK, SD dan SMP. Disamping itu mereka sering kali membuat event seperti yang akan nanti digelarnya tanggal 25 April dalam tema Dengan Semangat Kartini Selamatkan Bumi. Jadi siapapun anda, yang mempunyai jiwa sosial untuk berbagi, dapat bergabung dengan mereka. (Pman)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar