3 Januari 2010

Perayaan Untuk Si Yatim


BeTe_TG, Dalam rangka memperingati tanggal 1 & 10 Muharram 1431 H, Mesjid Nurul Iman Tegal Gundil mengadakan sebuah rangkaian kegiatan. Kegiatan yang berlangsung pada hari Minggu, 27 Desember 2009 ini terbadi dua sesi acara. Peringatan tahun baru islam dan santunan untuk anak yatim kurang mampu. Acara yang berlangsung di Jalanan RW 02 disamping masjid ini rutin dilakukan setiap tahunnya.
Pendanaan untuk melaksanakan acara tersebut pun didapat dari sodaqoh, infak bulanan, dan dana tausiyah yang rutin diadakan di masjid Tegal Gundil tersebut. Selain itu ada juga donatur-donatur dari warga setempat yang ikut serta menyumbangkan sedikit hartanya untuk anak yatim-piatu.
Acara tersebut memang diperuntukan bagi warga Tegal Gundil khususnya RW 02 & RW 18. Tujuan dari acara ini adalah tidak lain untuk menghidupkan syiar islam dan silaturahmi antar warga Tegal Gundil dan juga untuk memberikan pengetahuan kepada warga mengenai hikmah yang terkandung di tangal sepuluh Muharram.
Panitianya sendiri dibentuk dari warga sekitar ditambah para pengurus masjid. ”Pada waktu itu kita hanya punya waktu satu minggu untuk mempersiapkan acara itu” ujar ketua DKM masjid Nurul Iman, Ustd. H. Abdullah Chudri. Selain acara tersebut ada pula acara bakti sosial dan kerja bakti di Kelurahan Tegal Gundil.
Untuk keberlangsungan acara itu pun pihak panitia berkoordinasi terlebih dahulu dengan RW setempat untuk mencari anak yatim-piatu yang nantinya berhak mendapatkan santunan tersebut agar tidak salah sasaran.
Adapun kriteria yang dibutuhkan oleh panitia yaitu anak yatim-piatu yang berusia 15 thn ke bawah dan asli warga Tegal Gundil. Pada tahun ini memang diprioritaskan untuk warga Tegal Gundil terlebih dahulu. Dana yang didapat dari kas PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) sebesar Rp. 4.000.000,- dan dana dari sumbangan warga sekaligus para donatur sebesar Rp. 5.414.000,-.
Menurut ketua panitia acara tersebut, setiap anak yatim mendapatkan uang sebesar Rp. 219.000,- /orangnya, panitiapun tidak lupa untuk mengundang Lurah Tegal Gundil dan Camat Bogor Utara. Antusias warga sekitar sangat baik dan sangat mendukung dengan diadakannya acara tersebut setiap tahunnya.
Harapannya, agar acara-acara seperti ini tetap berjalan dari generasi ke generasi. Kita masih butuh dukungan dan antusias dari warga agar acara seperti ini tetap ada. Dan tak lupa saya informasikan acara ini juga didukung oleh pengajian para pemuda yang rutin dilaksanakan setiap malam senin tepatnya pukul 20.00 WIB s/d 22.00 WIB sahut Ustd Abdullah Chudri menambahkan. (Rd/Pm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar