27 November 2009

Berkurban Sebagai Tanda Pengorbanan

Idul Adha (atau di Malaysia dan Singapura, Hari Raya Haji, bahasa Arab: عيد الأضحى) adalah sebuah hari raya Islam dalam memperingati peristiwa kurban, yaitu ketika nabi Ibrahim yang bersedia mengorbankan putranya Ismail untuk Allah SWT, dan ketika akan dikorbankan putranya Ismail, kemudian digantikan oleh-Nya dengan domba.
Hal tersebut di gambarkan dalam Al Qur'an surat Ash-Shaffat: 100-109 menjelaskan betapa beratnya cobaan yang Allah SWT berikan kepada Ibrahim AS, serta betapa besarnya pengorbanannya sebagai bentuk pembuktian dirinya sebagai hamba Allah SWT yang berserah diri sepenuhnya, dan sebagai khalilullah yang memurnikan kecintaannya hanya untuk-Nya.
Dan ini menunjukkan bahwa Allah SWT senantiasa memberikan cobaan kepada hamba-hamba-Nya dengan berbagai jenis cobaan, untuk membuktikan keimanan hamba tersebut.
Dari surat Ash-Shaffat tersebut juga memunculkan dua buah pertanyaan yang tertuju pertama kali kepada penulis secara khusus dan kepada umat islam secara umum. Dua pertanyaan tersebut yaitu: “Takutkah anda berkorban?” dan “Maukah anda berjuang?” Hal ini untuk menggugah setiap orang, mengintrospeksi diri atas setiap gerak yang dilakukannya. Selain itu dengan mengingat segala apa yang telah dipersiapkan oleh Allah SWT berupa ganjaran yang besar di sisi-Nya, dengan sebuah pengorbanan dan perjuangan yang tak seberapa & tak sebanding dengannya.
Karenanya kita harus tetap tegar dan bersemangat dalam beramal, berkorban, dan berjuang dengan mengikhlaskan semua amalnya untuk yang Kuasa dan selalu menjaganya serta mengoreksi bentuk pengorbanan dan perjuangan tersebut agar tidak keluar dari rel yang telah digariskan oleh Allah SWT pada segenap nabi dan rasul-Nya.
Semoga hal tersebut dapat menggugah kita untuk menelaah kembali teguran, peringatan, serta anjuran-anjuran Allah Subhanahu wa Ta'ala agar kita lebih ikhlas dan ridho dalam segala aktifitas kehidupan yang terkadang mengharuskan berkorban dan berjuang.(Red_dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar